KSBSI Gelar Agenda ‘Special Membership Meeting Post Covid-19’

KSBSI Gelar Agenda ‘Special Membership Meeting Post Covid-19’

KSBSI.ORG: Bogor-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) bersama IIWE mengadakan ‘Special Membership Meeting Post Covid-19’, di Hotel Karwika, Cisarua Bogor Jawa Barat (6/12/20). Hadir dalam acara ini Elly Rosita Silaban (Presiden KSBSI), Koordinator Wilayah (Korwil) DKI Jakarta dan Jawa Barat, M Hory dan Baharudin Simbolon. Dan perwakilan pengurus cabang federasi dan komisariat DKI Jakarta-Jawa Barat .

Baca juga:  266 Juta Buruh Kehilangan Upah Minimum Yang Layak , RPP UU Cipta Kerja Belum Dituntaskan, Beredar Surat Penghapusan Upah Sektoral ,

Dalam kata sambutannya, Baharudin Simbolon mengatakan acara yang digelar ini juga menjadi ajang konsolidasi, sekaligus penyamaan persepsi daalam menyikapi isu perburuhan terkini. Serta KSBSI harus tetap menjadi gerakan, kiritis, solid dan memberikan solusi. Karena dampak Covid-19, telah berdampak pada jutaan buruh menjadi korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan dirumahkan. Salah satunya di Jawa Barat yang terbanyak.

Hal senada juga disampaikan Elly Rosita Silaban. Ia berharap, agenda special membership meeting post Covid-19 bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) kepada pengurus dan anggota. Sebab, yang datang ke pelatihan ini, adalah orang-orang terpilih yang disiapkan menjadi pemimpin organisasi untuk kedepannya.

“Termasuk untuk menyerap saran dan masukan dari pengurus dan anggota yang nantinya akan dibawa di agenda Rapat kerja Nasional (Rakernas) KSBSI yang akan diadakan dalam waktu dekat ini,” jelasnya.

Ada beberapa poin pembahasan dalam agenda tersebut. Diantaranya menyikapi Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja, Terbitnya Surat Edaran (SE) terkait dihapuskannya upah minimum sektoral dan dampak buruh ditengah pandemi Covid-19.

Elly juga menyampaikan setiap pengurus cabang, komisariat dan anggota agar bisa loyalis untuk membesarkan organisasi dalam ide dan tenaga. Sebab, tantangan di era industri 4.0, juga sangat berdampak pada dunia kerja.

“Karena kehadiran teknologi digitalisasi, otomatisasi dan robotisasi di perusahaan, pelan-pelan menggantikan tenaga manusia. Dalam hal ini, KSBSI tidak boleh diam, tapi harus bisa menjawab tantangan ini,” ungkapnya.

Acara ‘Special Membership Meeting Post Covid-19’ dilakukan oleh KSBSI DKI Jakarta dan Jawa Barat. Setiap wilayah nantinya melakukan diskusi menyikapi isu perburuhan dan pengembangan organisasi. (A1)

 

 

Komentar