ITUC Serukan 5 Tuntutan Dimasa Pemulihan Global

ITUC Serukan 5 Tuntutan Dimasa Pemulihan Global

KSBSI.ORG Sharan Burrow, Sekretaris Jenderal Konfederasi Serikat Buruh Internasional (ITUC), menyampaikan lima tuntutan dalam agenda Forum Ekonomi Dunia, yang diselenggarakan pada 26 Januari lalu. Hal ini bertujuan untuk membangun pemulihan dan ketahanan untuk lingkungan dalam agenda kampanye ‘kontrak sosial baru’.

Baca juga:  Dukung Perjuangan Buruh, Media Kamiparho Jakarta Resmi Dilaunching, Program Pemagangan Kerja Masih Sering Disalahgunakan,

Dia menjelaskan dalam forum itu agar setiap pemimpin negara bisa mereformasi model bisnis pada tahun 2021 yang lebih memihak pekerja dan masyarakat sipil.  Karena sudah waktunya dunia harus mewujudkan masa depan yang adil berkelanjutan.

 

“Jangan lagi mempertahankan bisnis penuh keserakahan yang mengakar pada ketidakadilan masyarakat global,” ujarnya.

   

Lima tuntutan tersebut adalah:

 

-        Penciptaan pekerjaan ramah iklim dengan Just Transition. Transformasi industri yang menciptakan lapangan kerja untuk mencapai emisi karbon nol bersih, bersama dengan pekerjaan di bidang kesehatan, pendidikan, dan layanan publik berkualitas lainnya.

-        Hak bagi semua pekerja, terlepas dari pengaturan pekerjaan mereka, untuk memenuhi janji Deklarasi 100 tahun ILO dengan landasan perlindungan tenaga kerja termasuk hak, jam kerja maksimum, upah minimum hidup dan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja.

 

-        Perlindungan sosial universal, dengan pembentukan Dana Perlindungan Sosial untuk negara-negara paling tidak kaya.

 

-         Persamaan. Mengakhiri semua diskriminasi, seperti ras atau jenis kelamin, untuk memastikan bahwa semua orang dapat berbagi dalam kemakmuran dan bahwa konsentrasi mengerikan kekayaan di tangan beberapa orang dengan mengorbankan banyak orang dibatalkan.

 

-  Penyertaan untuk memerangi kekuatan monopoli dan oligarki yang tumbuh, memastikan bahwa negara berkembang benar-benar dapat mengembangkan ekonomi mereka. Dan menjamin sistem pajak yang memberikan pendapatan penting bagi pemerintah untuk memenuhi kebutuhan manusia dan planet ini. Pendekatan inklusif untuk mengatasi pandemi Covid-19 adalah yang terpenting, baik dalam hal dukungan ekonomi maupun akses universal untuk pengujian, pengobatan, dan vaksin.

 

Dampak dari pandemi, hampir 500 juta pekerjaan telah hilang dan 2 miliar orang berjuang dalam pekerjaan informal, termasuk dalam bisnis baru yang dimediasi dengan internet. Orang membutuhkan Kontrak Sosial Baru yang mampu memberikan pemulihan dan ketahanan berdasarkan keamanan yang dijamin oleh lima tuntutan kritis ini, ”kata Sharan Burrow. (A1)

Komentar