Menaker Laporkan Peningkatan Kompetensi Tahun 2020

Menaker Laporkan  Peningkatan Kompetensi Tahun 2020

KSBSI.ORG, JAKARTA Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), menyampaikan selama 2020 Kementerian Ketenagakerjaan telah meningkatkan kompetensi 901.177 orang. Peningkatan ini dilaksanakan melalui pelatihan vokasi, pemagangan, pelatihan produktivitas, dan sertifikasi kompetensi.

Baca juga:  ILO Terbitkan Buku ‘Peluncuran Pencegahan Dan Penanggulangan Covid-19 di Tempat Kerja’, 4 Poin Rekomendasi KSBSI Yang Akan Disampaikan Pertemuan G20,

"Jumlah 901.177 itu terdiri atas pelatihan vokasi sebanyak 121.049 orang, pemagangan di industri sebanyak 19.475 orang, pelatihan produktivitas sebanyak 11.346 orang, dan sertifikasi kompetensi sebanyak 749.307 orang," kata Menaker Ida pada peluncurkan Laporan Tahunan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Tahun 2020 di Jakarta, Rabu kemarin (10/2).

Untuk pembangunan Balai Latihan (BLK) Komunitas, Ida menerangkan pada 2020 pihaknya sudah membangun 1.014 BLK Komunitas. Pembangunan BLK Komunitas tidak hanya dilakukan di satu atau dua pulau, namun menyebar dari Aceh sampai Pulau Papua.

Menurutnya, melalui program pendirian BLK Komunitas Tahun 2020, lembaga penerima bantuan BLK Komunitas akan menerima bantuan pembiayaan pembangunan 1 (satu) unit gedung workshop. Serta bantuan peralatan pelatihan vokasi untuk satu kejuruan.

"Jadi total BLK Komunitas yang bisa kami bangun dari 2017 sampai tahun 2020 adalah 2.127 BLK Komunitas di seluruh Indonesia," katanya.

Selain itu, Menaker Ida menjelaskan, pembangunan BLK Komunitas Kemnaker berbasis agama. Baik Islam, Kristen, maupun agama yang lainnya. Khusus dalam agama Islam, pembangunan BLK Komunitas dilakukan di pesantren agar tidak terjadi kesenjangan kompetensi.

"Maka di pesantren dibangun BLK komunitas yang merupakan layanan pelatihan vokasi dan mendekat pada komunitas," katanya.

Menurutnya, penyebaran BLK Komunitas sejatinya difokuskan untuk komunitas keagamaan. Namun mulai pertengahan 2020, Kemnaker memperluas cakupan program ini melalui peran komunitas Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB). Tujuannya, memang untuk meningkatkan kompetensi para pekerja/buruh. Termasuk untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya.

"Melalui peran serikat pekerja ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi anggota pekerja serta keluarganya yang pada akhirnya dapat menekan angka pengangguran," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, program BLK Komunitas merupakan terobosan Presiden Joko Widodo dalam peningkatan kompetensi SDM Indonesia untuk melengkapi soft skill dan pendidikan karakter yang ada dengan tambahan keterampilan atau hard skill di lembaga keagamaan atau komunitas. (A1)

 

 

 

 

Komentar