ILO Akan Merilis Hasil Riset Dampak Digital Terhadap Dunia Kerja

  ILO Akan Merilis Hasil Riset Dampak Digital Terhadap Dunia Kerja

KSBSI.ORG, Organisasi Perburuhan Internasional (ILO) dalam waktu dekat ini akan merilis hasil laporan risetnya yang bertema World Employment and Social Outlook (WESO) 2021: Peran platform Tenaga Kerja Digital Dalam Mengubah Dunia Kerja. Rencananya, laporan hasil riset tersebut akan dipublikasikan pada Selasa 23 Februari 2021.

Baca juga:  Dimasa Pandemi, Kemenaker Terbitkan Peraturan Upah Padat Karya Tertentu Dimasa Pandemi ,

Selain itu, laporan riset ini juga berfokus pada dua jenis platform tenaga kerja digital. Pertama platform berbasis web online. Dimana tugas dilakukan secara online dan jarak jauh oleh pekerja. Dan kedua platform berbasis lokasi, dimana juga tugas dilakukan di lokasi fisik tertentu oleh individu, seperti pengemudi taksi dan pekerja jasa pengiriman.

 

Tujuan kajian ini, ILO menyampaikan adalah untuk menjelaskan bagaimana platform tenaga kerja digital mengubah dunia kerja serta memengaruhi pemberi kerja dan pekerja. Laporan tersebut juga mengacu pada temuan survey dan wawancara yang dilakukan oleh ILO dengan sekitar 12.000 pekerja dan perwakilan dari 85 pebisnis di seluruh dunia diberbagai  sektor.

 

Termasuk juga mencakup rekomendasi tentang bagaimana memastikan bahwa platform tenaga kerja digital memberikan peluang kerja yang layak dan mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Guy Ryder, Direktur Jenderal ILO, dan Uma Rani Amara, Ekonom Senior di Departemen Riset ILO dan pemimpin tim yang menyusun laporan, akan mempresentasikan temuan hasil riset itu. (A1)

 

 

 

 

Komentar