Terobosan efektif jelang May Day: petinggi tripartit bersatu padu

Terobosan efektif jelang May Day: petinggi tripartit bersatu padu

KSBSI.ORG, JAKARTA- Bayangkan kekuatan apa yang muncul bila petingi serikat buruh satu suara dengan ketua umum Apindo, di dukung oleh Menteri Tenaga Kerja datang menghadap pimpinan DPR?

Baca juga:  INSPIR Indonesia: K3 Adalah Hak Fundamental Buruh,

Peristiwa istimewa tersebut terjadi Jumat sore 30 April 2021 di gedung Nusantara III DPR RI saat presiden KSBSI, KSPN,  SARBUMUSI dan KSP BUMN bersama-sama dengan ketua umum APINDO hadir difasilitasi Menteri Tenaga Kerja bersama 3 dirjennya yang juga perempuan-perempuan tangguh di terima oleh wakil ketua DPR RI Muhaimin Iskandar. Rombongan itu didamping tim teknis dari masing-masing konfederasi yang beberapa bulan terakhir sangat konsen mendalami issu RUU Penghapusan Kekerasan Seksual melalui gerakan Aliansi SP/SB untuk RUU PKS.

Muhaimin Iskandar dalam sambutannya menyatakan kekagumannya akan kekompakan pengusaha dan serikat mneyuarakan aspirasi seragam soal issu ini, dan itu sudah seharusnya menjadi kekuatan yang akan berdaya dorong tinggi bagi DPR untuk mengambil inisiatif pembahasan RUU ini secara lebih serius. “Salah satu kendala selama ini, pemerintah dinilai tidak terlalu support dan kehadiran Menaker yang memfasilitasi inisiatif ini menepis anggapan itu jauh-juah”-demikian beliau menekankan dengan yakin

Sebagaimana Elly Rosita Silaban-presiden KSBSI menyatakan harapannya agar RUU yang telah bergulir di parlemen sejak tahun 2012 segera di sahkan untuk menjadi paying hokum mengatasi kekerasan seksual yang semakin marak terjadi, termasuk di tempat kerja yang juga menjadi salah satu substansi dalam RUU ini. “Masyarakat menunggu DPR menelurkan bukti keseriusan mengakomodir aspirasi masyarakat” imbuhnya dan berharap tidak ada alas an lagi bagi DPR untuk menunda pembahasannya.

Hariyadi Sukamdani-ketua umum APINDO juga menekankan dukungannya secara penuh sebagai upaya konsistensi gender yang akan berkontribusi menghadirkan kondisi kerja lebih aman bagi semua, bebas pelecehan dan kekerasan dan akan menunjang hubungan industrial yang lebih produktif bagi percepatan pembangunan ekonomi Negara.

Kesepakatan itu sekaligus juga dibuktikan denga penandatanganan Komitmen Bersama APINDO dan Konfederasi SP/SB tentang Tuntutan kepada DPR RI untuk mempercepat pembahasan dan pengesahan RUU PKS menjadi UU PKS dan diserahkan kepada wakil ketua DPR untuk dibawa dalam sidang Baleg mendatang.

Bagi buruh, boleh jadi ini adalah hadiah Hari Buruh tahun ini dan semua pihak sangat mengapresiasi Menaker yang telah memfasilitasi upaya ini secara konkrit dan jelas. Semoga langkah-langkah serupa akan terus berlanjut ke depan, menuju issu-issu buruh yang masih sangat kompleks di negri tercinta ini.(Red/maria)

Komentar