Hari Buruh Internasional, KSBSI Pilih Bhakti Sosial

Hari Buruh Internasional, KSBSI Pilih Bhakti Sosial

KSBSI.ORG, Jakarta-Memperingati hari buruh internasional, KSBSI menggelar rangkaian bhakti sosial , mulai dari ziarah ke makam Muchtar Pakpahan, penanaman pohon sampai santunan anak yatim piatu dari keluarga buruh KSBSI.

Baca juga:  Selamatkan Nyawa! Dua Pesan ITUC di Hari Peringatan Buruh Internasional,

Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) memperingati Hari Buruh Internasional dengan berbagai rangkaian bhakti sosial.

Diantaranya, pemungutan sampah dan Penanaman Pohon sebagai bentuk kepedulian buruh terhadap Bumi Indonesia, Ziarah ke Makam Muchtar Pakpahan, santunan anak yatim piatu, dan diakhiri dengan buka puasa bersama.

“Kita akan melakukan bakti sosial pemungutan sampah, menanam pohon, lalu ada santunan anak yatim, buka puasa bersama dan pengajian,” kata Elly Rosita Silaban, Presiden KSBSI.


Tabur Bunga di Makam Muchtar Pakpahan

Saat tabur bunga di makam Muchtar Pakpahan, Elly Rosita Silaban mengatakan, kehadiran KSBSI di makam Muchtar Pakpahan sebagai tokoh buruh yang mengajari anggota KSBSI berjuang membela hak-hak buruh.

“Kita hadir disini adalah untuk mengenang, mengingat bahwa pak Muchtar ini adalah pejuang yang mengajari kita untuk bisa seperti sekarang ini.” kata Elly.

Menurutnya, KSBSI tidak akan pernah bisa mencapai hasil seperti sekarang ini jika tidak ada sosok bapak buruh seperti Muchtar Pakpahan.

Sementara itu, Sekjen KSBSI, Dedi Hardianto mengatakan banyak hal yang dilakukan Muchtar Pakpahan meletakkan kebebasan berserikat, sehingga buruh mampu menyuarakan kebenaran-kebenaran.

“Banyak hal yang dilakukan pak Muchtar Pakpahan untuk buruh, mulai dari hal yang sederhana sampai dengan kebebasan berserikat, perjuangan jaminan sosial. Beliau adalah pahlawan, pahlawan untuk buruh yang meletakkan perlawanan dan perjuangan untuk hak-hak buruh.” tandasnya.

Dari pantauan Kantor Berita Buruh di Lokasi pemakaman, tabur bunga dilakukan seluruh Dewan Eksekutif Nasional KSBSI dan puluhan anggota-anggotanya

.

Penanaman Pohon di Taman KSBSI

Usai ziarah, KSBSI melanjutkan rangkaian bhakti sosial penanaman pohon yang dilakukan di kawasan Banjir Kanal Timur (BKT), sedikitnya ada puluhan pohon yang ditanam di sekitar Taman KSBSI di wilayah Pondok Kopi, Jakarta Timur.

KSBSI memiliki taman kecil di kawasan BKT yang bernama “Taman KSBSI” yang ditanami berbagai pohon.


Santunan Anak Yatim

Khsusus santunan dan buka puasa bersama, acara digelar di Kantor Pusat KSBSI di Jakarta pada sore hari sejak pukul 16.00 WIB seusai ziarah dan penanaman pohon.

KSBSI mengundang sekitar 50-an anak yatim piatu dari Pengurus Komisariat Federasi yang berafiliasi dengan KSBSI.

Meski tak menggelar aksi turun ke jalan, namun bagi pengurus KSBSI dan Federasi di daerah, diberikan kebebasan untuk melaksanakan agenda mereka masing-masing.

“Untuk daerah-daerah lainnya, dimana anda harus melakukan aksi-aksi yang lain, kita berikan kebebasan apakah anda akan turun ke jalan ataukah juga melakukan bakti sosial atau apapun yang bermanfaat bagi masyarakat banyak dan juga bagi buruh, dipersilahkan untuk melakukannya,” kata dia.

 “Tetapi kalau ada yang mau aksi, tetap jaga protokol kesehatan,” imbuh Elly.

Dia menegaskan bahwa pernyataannya bukan untuk mengimbau pengurus di daerah agar tidak melakukan aksi saat sedang melakukan ibadah puasa, namun apapun yang dilakukan anggota KSBSI di daerah yang ingin merayakan hari buruh sedunia, dipersilahkan.

“Kami tetap mendukung apapun yang anda lakukan. Di pusat kami melakukan bakti sosial, tapi (jika) anda punya aliansi ingin melakukan sesuatu karena ini merupakan perayaan hari buruh.. anda bisa berekspresi..” tandasnya. (REDKBB)

Komentar