Ini Sikap INSP!R Indonesia Pada Peringatan Hari Buruh Migran Internasional 2021

Ini Sikap INSP!R Indonesia Pada Peringatan Hari Buruh Migran Internasional 2021

Logo INSPIR

KSBSI.org, JAKARTA-Peningkatan migrasi secara global, pada tahun 2019, menurut PBB, sekitar 270 juta orang, atau sekitar 3,5% dari populasi dunia, adalah pendatang. Para Pekerja migran secara tidak proporsional dikecualikan dari akses ke perlindungan sosial. Dan pada saat yang sama lebih cenderung terkonsentrasi pada pekerjaan bergaji rendah, berbahaya dan informal, membuat mereka rentan terhadap kemiskinan, pengucilan sosial, dan ketidakamanan sosial.

Baca juga:  Konvensi ILO 190 Dan Sebab Mangkraknya Kekerasan Pelecehan Seksual Di Tempat Kerja,

Pandemi COVID-19 telah secara brutal mengekspos kesenjangan antara mereka yang memiliki akses ke perlindungan sosial dan mereka yang tidak, karena ratusan juta pekerja migran telah kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian, dan para pekerja migran secara tidak proporsional dikeluarkan dari dukungan sosial.

Kontrak sosial baru sangat dibutuhkan untuk menghindari pemulihan yang rapuh dan tidak merata yang didorong oleh kebijakan penghematan dan ditandai dengan pekerjaan tidak tetap, pengangguran yang tinggi, dan ketidakpastian ekonomi.

Insp!r Indonesia ingin memastikan perlindungan sosial universal yang tersedia bagi semua pekerja tanpa diskriminasi, termasuk pekerja migran  harus menjadi dasar kontrak sosial ini, bersama dengan langkah-langkah untuk menciptakan pekerjaan yang berkualitas, mendukung akses ke hak-hak dasar, memastikan kesetaraan, dan mendukung inklusi semua orang.

Perlindungan sosial adalah hak asasi manusia yang universal, memberikan  keamanan terhadap kemiskinan, kerentanan dan pengucilan sosial. Apalagi menjadi penguat untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Meskipun banyak komitmen internasional untuk memperluas perlindungan sosial, hampir setengah dari populasi dunia tidak memiliki akses ke manfaat dan layanan penting ini, dan kesenjangan cakupan sangat akut di negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah.

Buruh Migran secara tidak proporsional dikecualikan dari skema perlindungan sosial, dan kerentanan ekonomi mereka diperparah oleh kurangnya perwakilan mereka di pasar tenaga kerja, konsentrasi dalam pekerjaan tidak tetap dan bergaji rendah, undang-undang diskriminatif dan xenofobia yang mengakar.

Pengecualian hukum untuk mengakses manfaat perlindungan sosial, peningkatan kontribusi jaminan sosial yang tidak memadai di negara tujuan, kurangnya kemungkinan untuk melestarikan atau mentransfer kontribusi jaminan sosial di negara tujuan, hambatan praktis untuk mengakses manfaat, dan pengecualian pasar tenaga kerja migran adalah beberapa di antaranya. alasan kurangnya akses mereka. Meningkatnya globalisasi, konflik, perubahan demografis dan perubahan iklim – dan migrasi yang dihasilkan karena tren ini semuanya menimbulkan kekhawatiran tentang cara mengatasi kerentanan migran dengan lebih baik.

Dalam rangka memperingati Internasional Migran Day 18 Desember 2021  INSP!R  Indonesia  menuntut sistem perlindungan sosial universal bagi Buruh migran tidak bisa ditawar lagi. (Yatini Sulistyowati Koordinator INSP!R Indonesia)

 

 

Komentar