Presiden KSBSI Serukan Kontrak Sosial Baru dan Isu Perubahan Iklim di Opening of L20 Summit Indonesia 2022

Presiden KSBSI Serukan Kontrak Sosial Baru dan Isu Perubahan Iklim di Opening of L20 Summit Indonesia 2022

Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban saat menyampaikan pidato pembukaan L20 Summit Bali Indonesia 2022, Minggu (13/11/2022).

Pembukaan L20 Summit Indonesia 2022 resmi dibuka langsung oleh Sekjen ITUC Sharan Burrow dengan pemukulan gong secara simbolis. Turut mendampingi Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah serta turut memberikan sambutan di sesi pembukaan Veronika Nilsson Sekjen Trade Union Advisory Committee to the OECD, TUAC dan Elly Rosita Silaban Chair L20.

Baca juga:  Dihadiri Pemimpin Serikat Buruh Dunia, Puncak L20 Summit 2022 Resmi Diselenggarakan,

KSBSI.ORG, BALI - Elly Rosita Silaban selaku Chair L20 sekaligus Presiden KSBSI mengatakan bahwa L20 menyerukan komitmen global baru untuk Kontrak Sosial Baru, dan untuk menjawab tantangan tersebut adalah dengan memperluas perlindungan tenaga kerja, keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta cakupan skema perlindungan sosial kepada pekerja platform digital. 

Elly juga menyoroti tentang Perubahan iklim, risiko perubahan iklim lebih tinggi berada di Asia dan Pasifik dibandingkan dengan rata-rata dunia (lihat ADB). 

"Asia Pasifik adalah negara yang berkontribusi tahunan terbesar terhadap emisi CO2 global. 50% emisi gas rumah kaca global berasal dari Asia dan Pasifik. Dan wilayah ini tetap sangat bergantung pada energi batu bara." kata Elly saat menyampaikan pidatonya di agenda Pembukaan L20 Summit Bali Indonesia 2022, Minggu (13/11/2022).

Sebagai pemegang keketuaan L20, Elly mengaku telah menghadiri lebih dari 60 pertemuan dalam satu tahun sejak penyerahan dari SB Italia. 

"Baik pertemuan online maupun offline, mulai dari pertemuan dengan kelompok kerja pemerintah, pembicara di berbagai forum, pertemuan dengan 10 kelompok keterlibatan dalam G20, dan kami memastikan bahwa semua yang kami lakukan selalu dikonsultasikan dengan ITUC." ungkapnya. 

Sebagai informasi, Pembukaan L20 Summit Indonesia 2022 resmi dibuka langsung oleh Sekjen ITUC Sharan Burrow dengan pemukulan gong secara simbolis. Turut mendampingi Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah serta turut memberikan sambutan di sesi pembukaan Veronika Nilsson Sekjen Trade Union Advisory Committee to the OECD, TUAC dan Elly Rosita Silaban Chair L20.

Dalam sesi opening of L20 Summit ini dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama, terbuka bagi para peserta, dan dengan mengusung tema "Achieving the Goals of the Indonesian Presidency" atau Mencapai Tujuan Kepresidenan Indonesia. 

Presiden KSBSI sekaligus CHair L20 memimpin sesi terbuka pertama “Mencapai tujuan Presidensi G20 Indonesia” bersama Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziah serta Said Iqbal Presiden KSPI. 

Sementara itu, untuk sesi kedua tertutup untuk hari pertama mengusung tema “Kontrak Sosial Baru untuk Pemulihan dan Ketahanan di G20 dan seterusnya". Sesi ini akan dipimpin oleh Sharan Burrow, Sekretaris Umum, ITUC. Diikuti Christy Hoffman Sekretaris Umum, Uni Global UNI. Shoya Yoshida Sekretaris Umum, ITUC-Asia Pasifik. Lalu ada Kwasi Adu-Amankwah Sekretaris Umum, ITUC Afrika. Serta Ruwan Subasinghe Direktur Hukum, Federasi Pekerja Transportasi Internasional, ITF. (RED/HTS/MKJ)

Komentar