Polemik Penetapan UM 2023, Presiden KSBSI: Puas tidak Puas ini Adalah Jalan Yang Lebih Baik

Polemik Penetapan UM 2023, Presiden KSBSI: Puas tidak Puas ini Adalah Jalan Yang Lebih Baik

Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban (foto;istimewa)

Menaggapi polemik penetapan upah minimum 2023, dengan adanya beda pendapat menyikapi kebijakan pemerintah antara pengusaha dan serikat buruh. Elly berharap, dalam menerapkan penyesuaian upah 2023, Ia berharap semua yang berkepentingan dapat mendorong sosial dialog dengan baik, bernegosiasi dengan baik-baik juga.

Baca juga:  Jelang Sidang Pengupahan UMK 2023, Buruh Temanggung Akan Rekomendasikan Angka Kenaikan 7%,

KSBSI.ORG, JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Rosita Silaban mengatakan bahwa pemerintah telah mengakomodir tuntutan buruh untuk tidak mengunakan Peraturan Pemerintah (PP) No. 36 Tahun 2021 tentang pengupahan. Namun demikian, Elly menganggap Permenaker No. 18 Tahun 2022 tentang penetapan upah minimum tahun 2023 tertanggal 16 November 2022 masih ada sedikit catatan.   

"Pertama, pemerintah dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan RI telah menerbitkan Permenaker No.18 tahun 2022 tentang upah minimum 2023 dengan mengesampingkan PP No. 36 tahun 2021. Artinya ini juga harus dikawal penerapannya, karena bagi buruh, UU Cipta Kerja dan turunannya masih inkonstitusional bersyarat." kata Elly saat ditemui di Kantor KSBSI Cipinang Muara, Rabu (23/11/2022).

"Yang kedua, amanah Permenaker No. 18 tahun 2022 memastikan upah minimum akan naik minimal sebesar inflasi tahun ini." jelasnya. 

Hal ini sesuai isi pasal 7 ayat (3) menyebutkan jika pertumbuhan ekonomi bernilai negatif, penyesuaian nilai Upah Minimum sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (4) hanya mempertimbangkan variabel inflasi.

"Walaupun batas paling tinggi adalah 10%, artinya dalam hal suatu daerah memperoleh kenaikan nominal diatas 10% sesuai Permenaker ini, maka yang dipakai adalah batas maksimal 10% tersebut." ungkapnya.

Isi pasal 7 ayat (2) Dalam hal hasil penghitungan penyesuaian nilai Upah Minimum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) melebihi 10% (sepuluh persen), Gubernur menetapkan Upah Minimum dengan penyesuaian paling tinggi 10% (sepuluh persen).

"Puas tidak puas ini adalah jalan yang lebih baik, karena kekwatiran kita adalah ketika pemerintah menggunakan PP 36 dan kemungkinan sangat rendah. Akan tetapi, jangan juga karena batas kenaikan 10%, jadi diputuskan dibawahnya." lanjutnya.

Elly juga menyoroti tentang Penentuan nilai ? sebagaimana dimaksud pada ayat (4) harus mempertimbangkan produktivitas dan perluasan kesempatan kerja. 

Penyesuaian upah melalui perhitungan pertumbuhan ekonomi dikalikan alpa (a). Seperti diketahui, a adalah wujud indeks tertentu yang menggambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi dengan nilai tertentu dalam rentang tertentu yaitu 0,10 (nol koma satu nol) sampai dengan 0,30 (nol koma tiga nol).

"Terkait perkalian a alfa harusnya Menteri membuat skema formula dengan kajian ekonomi, biar di tingkat kabupaten/kota tidak ada gejolak." bebernya.

Menaggapi polemik penetapan upah minimum 2023, dengan adanya beda pendapat menyikapi kebijakan pemerintah antara pengusaha dan serikat buruh. Elly berharap, dalam menerapkan penyesuaian upah 2023, Ia berharap semua yang berkepentingan dapat mendorong sosial dialog dengan baik, bernegosiasi dengan baik-baik juga. 

"Berharap dalam penetapan dan penerapan upah minimum ini agar sekiranya dapat dinegoisasikan dengan baik, baik di tingkat Tripartit dan Bipartit. Dikomunikasikan baik-baik supaya jangan terjadi hal-hal yg tidak diinginkan." harapnya. 

Lebih lanjut, Elly menjelaskan misalnya saja, apa yang menjadi alasan tidak mau menuruti Permen?, apakah benar keuangan perusahaan tidak sanggup membayar hingga 10%?. Kalau memang keuangan terganggu dijelaskan secara transparan. 

"Kalau alasan tidak setuju dan akan memakai PP 36, kan juga harus jelas, karena bagi buruhpun PP 36 bahkan tidak layak untuk dipakai, wong Omnibus law cacat kan?. Bagi yang tidak sanggup, sebaiknya terbuka kepada perwakilan buruh, kalau tidak dikomunikasikan, tentunya akan membuat potensi konflik yang dapat mengganggu hubungan industrial." pungkasnya. (RED/HTS/MKJ)


Komentar