Tingkatkan Kapasitas Berorganisasi, FSB Kamiparho Gelar Pelatihan Berbasis Gender

Tingkatkan Kapasitas Berorganisasi, FSB Kamiparho Gelar Pelatihan Berbasis Gender

Pelatihan FSB Kamiparho berbasis gender yang dilakukan di Hotel Bumi Wiyata Depok pada, Sabtu (21/01/2023).

Gender adalah serangkaian asumsi, tuntutan dan harapan yang dilekatkan pada perempuan dan pada laki-laki. Gender berbeda dengan jenis kelamin biologis (seks) atau kodrat tuhan karena dibentuk oleh masyarakat/budaya, gender, sering disebut dengan jenis kelamin sosial.

Baca juga:  Komite Kesetaraan Nasional KSBSI Gelar Workshop Dukung Ratifikasi Konvensi ILO 190 di Dunia Kerja,

KSBSI.ORG, DEPOK - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Federasi Serikat Buruh Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (FSB Kamiparho) kembali menggelar pelatihan tentang Stop Kekerasan dan Pelecehan Berbasis Gender. 

Agenda pelatihan ini bekerja sama dengan Solidarity Center, dan diikuti oleh perwakilan anggota dan pengurus cabang FSB Kamiparho DKI Jakarta, Depok dan Tangerang. 

Dalam sambutannya, Supardi Ketua Umum DPP FSB Kamiparho mengatakan bahwa pelatihan gender ini bertujuan membangun kapasitas anggota dan pengurus untuk lebih mengetahui dan mendalami tentang isu kesetaraan gender.

"Hari ini, DPP FSB Kamiparho bekerja sama dengan Solidarity Center melakukanp pelatihan berbasis gender bagi anggota dan pengurus di DKI Jakarta, Tangerang dan Depok. Hal ini bertujuan agar lebih memahami isu gender" kata Supardi dalam sambutannya di acara pelatihan FSB Kamiparho yang dilakukan di Hotel Bumi Wiyata Depok pada, Sabtu (21/01/2023).

"Silaturahmi dan menjalin kekompakan antar anggota dan pengurus cabang juga suatu hal yang penting yang terus kita dorong, keaktifan organisasi ini juga perlu digiatkan terus, supaya pergerakan serikat buruh jadi lebih berkembang." jelasnya. 

Sementara itu, Sulistri Sekjen DPP FSB Kamiparho mengatakan isu gender sangat perlu di ketahui bagi anggota selain ada isu dialog sosial dan isu upah dan lain sebagainya.   

"Iya, bagaimana kita mengetahui lebih dalam tentang isu gender ini, nanti akan ada pemateri yang kompeten yang bakal disampaikan selama dua hari kedepan ini." kata Sulistri. 

Izah Ilzamliyah perwakilan dari Solidarity Center dalam pematerinya mengatakan bahwa Gender beda dengan seks atau alat kelamin. 

"Gender adalah serangkaian asumsi, tuntutan dan harapan yang dilekatkan pada perempuan dan pada laki-laki. Gender berbeda dengan jenis kelamin biologis (seks) atau kodrat tuhan karena dibentuk oleh masyarakat/budaya, gender, sering disebut dengan jenis kelamin sosial." tutupnya. (RED/HTS/MKJ)


Komentar