Monitoring Implementasi Program, USDRL dan ILO Lakukan Kunjungan Ke PK KAMIPARHO Sektor Sawit

Monitoring Implementasi Program, USDRL dan ILO Lakukan Kunjungan Ke PK KAMIPARHO Sektor Sawit

ntinya, terkait dengan program pelatihan dan pendidikan dari ILO tersebut, kami sudah menghasilkan praktik-praktik baik, dimana pengurus tingkat perusahaan dapat menerapkan sosial dialog, bernegosiasi dan mengetahui hak-hak dasar pekerja.

Baca juga:  SK Pencatatan PK FSB Kamiparho PT Manggala Kiat Ananda Tak Kunjung Diterbitkan, Ada Apa Dengan Sudinaker Bekasi,

KSBSI.ORG, KALIMANTAN BARAT - Supardi Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (DPP FSB KAMIPARHO) yang juga Smengatakan bahwa anggota Pengurus Komisariat (PK) FSB KAMIPARHO PT Gunas Group Kalimantan Barat menyambut baik kunjungan yang telah dilakukan perwakilan dari Departemen Luar Negeri Amerika Serikat untuk Demokrasi dan Hak Asasi Manusia atau USDRL bekerja sama dengan International Labour Organization (ILO) Jakarta. 

"Kami menyambut baik atas kunjungan yang dilakukan USDRL beserta ILO di PK PT Gunas Group dimana selama ini, kami dan pengurus komisariat KAMIPARHO di sektor sawit, khusunya di Kalimantan Barat merasa sangat terbantu dengan program ILO, baik melalui pendidikan, pelatihan maupun diskusi tentang hak hak buruh di sektor sawit." kata Supardi usai mendampingi kunjungan di PT Gunas Group Kalimantan Barat, Selasa (14/02/2023). 

Supardi mengatakan pekerja di sektor sawit banyak menerima manfaat dari program ILO tentang mempromosikan hak-hak pekerja di Sektor Kelapa sawit. 

"Intinya, terkait dengan program pelatihan dan pendidikan dari ILO tersebut, kami sudah menghasilkan praktik-praktik baik, dimana pengurus tingkat perusahaan dapat menerapkan sosial dialog, bernegosiasi dan mengetahui hak-hak pekerja." jelasnya. 

Namun demikian, Supardi juga menekankan bahwa tindak lanjut dari program ini dirasa masih banyak pekerjaan rumah yang harus di kerjakan kedepannya. Evaluasi dan memonitoring serta menyusun rencana kerja kedepannya juga menjadi penting. Ia juga menyoroti tentang ketidak hadiran manajemen PT Gunas Group saat acara kunjungan kali ini.     

"Masih banyak pekerjaan yang harus terus dilakukan kedepannya, menindak lanjuti manfaat program ini, misalnya saja dengan kejaidan tadi, pihak manajemen PT Gunas tidak hadir, manajemen belum menerima seutuhnya akan keberadaan serikat buruh di lingkungan perusahaan. Artinya hubungan indutrial secara luas harus terus dipupuk dan dijaga keberlangsungannya." ungkapnya. 

Hadir dalam acara kunjungan tersebut, Clair Luke perwakilan dari USDRL, Michiko Miyamoto Direktur ILO untuk Indonesia dan Timor Leste, turut mendampingi Abdul Hakim Wakil Direktur, Yunirwan Gah Koordinator Nasional. Perwakilan Disnaker Provinsi Kalimantan Barat, Telaga Ginting beserta rombongan. Perwakian GAPKI, Sumarjono Saragih beserta jajarannya. Perwakilan JAPBUSI, Nursanna Marpaung Sekretaris Eksekutif JAPBUSI. Perwakilan FSB KAMIPARHO, Supardi Ketum KAMIPARHO, Sulistri Sekjen KAMIPARHO, Hendrik Damanik, Frans Sagala organiser KAMIPARHO Kalbar. Turut hadir juga, Kabrianus Lumin Kepala Desa Lalang, Kecamatan Tayang, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Seperti diketahui, Sebagai bagian dari implementasi proyek ILO dalam mempromosikan hak-hak pekerja di Sektor Kelapa sawit, Kantor ILO Jakarta dan pihak pendukung dana dari USDRL (United States Department of States, Bearau for Democary and Human Rights) bermaksud melakukan kunjungan monitoring ke lokasi-lokasi dampingan. 

ILO melakukan kunjungan tersebut pada perkebunan yang terafiliasi dengan FSB-KAMIPARHO, khususnya yang telah mendapat intervensi pelatihan dan pendampingan melalui kegiatan-kegitan yang telah dilaksanakan

oleh proyek. Observasi ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait perkembangan di lapangan. ILO meminta FSB Kamiparho memfasilitasi kunjungan monitoring dimaksud ke salah satu Pengurus Komisariat yang ada di PT. GUNAS, Kalimantan Barat. (sumber, kamiparho.org)

Komentar