Presiden KSBSI Hadiri Rapat Dewan Umum ITUC di Belgia, Ini Yang Dibahas

Presiden KSBSI Hadiri Rapat Dewan Umum ITUC di Belgia, Ini Yang Dibahas

Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban (tengah jaket Krem) saat menghadiri Rapat Dewan Umum ITUC pada, (11/03/2023) (foto;istimewa)

Pelajaran penting telah dipelajari dan Sidang Umum menegaskan kembali penentangan mutlak ITUC terhadap korupsi dalam bentuk apa pun. Sidang Umum memutuskan langkah-langkah penting yang harus segera dilakukan dan diperkuat. Adapun rencana Kongres Luar biasa ITUC akan dilaksanakan pada, bulan September 2023 untuk memilih Sekjen yang baru.

Baca juga:  Rakerwil KSBSI DKI Jakarta Dibuka Langsung Wakil Presiden ITUC: Terima Kasih atas Perjuangan Anda,

KSBSI.ORG, BELGIA - Dewan Umum International Trade Union Confederation (ITUC) menggelar rapat pada, Sabtu 11 Maret 2023 untuk mempertimbangkan laporan Komisi Khusus yang dibentuk oleh Dewan Umum pada bulan Januari yang lalu. 

"Hal ini, terkait menyelidiki keadaan seputar tuduhan terhadap Luca Visentini, termasuk hasil audit eksternal, dan hal-hal lainnya. Termasuk juga tentang peraturan dan prosedur keuangan ITUC, pelaksanaan pemilihan dan isu-isu terkait, serta hasil audit eksternal keuangan ITUC." kata Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban saat dikonfirmasi, Selasa (14/03/2023).  

Elly menambahkan bahwa, Komisi tidak menemukan bukti adanya sumbangan baik dari Qatar maupun Maroko yang mempengaruhi kebijakan atau program ITUC. 

"Namun, pertemuan tersebut memutuskan bahwa Luca Visentini tidak lagi mendapat kepercayaan dari Dewan Umum/General Council sebagai Sekretaris Jenderal ITUC. Dewan memutuskan untuk menyelenggarakan Kongres Dunia ITUC yang luar biasa, sesegera mungkin. Kongres tersebut akan memilih Sekretaris Jenderal yang baru." jelas Elly.

Pertemuan Dewan Umum selanjutnya akan diadakan pada, awal bulan Mei untuk memilih Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal yang akan menyelenggarakan Kongres Luar Biasa. Untuk sementara, kepemimpinan politik akan dijalankan oleh Presiden dan Wakil Presiden ITUC, dan manajemen harian oleh Wakil Sekretaris Jenderal, Owen Tudor.

Sidang Umum juga memutuskan untuk membentuk Kelompok Kerja ad-hoc, untuk mengkaji kemungkinan amandemen terhadap Konstitusi ITUC. Dewan kemudian akan mempertimbangkan perubahan-perubahan pada Konstitusi, peraturan dan prosedur ITUC yang perlu dilakukan

Pertemuan Biro Eksekutif ITUC pada bulan Mei dan Dewan Umum pada tanggal 10 Juni akan mempersiapkan proposal yang relevan untuk diputuskan dalam Kongres. Dewan juga mengadopsi rekomendasi dari Komisi Khusus untuk menetapkan kebijakan anti-korupsi dan kode etik yang jelas.

Pelajaran penting telah dipelajari dan Sidang Umum menegaskan kembali penentangan mutlak ITUC terhadap korupsi dalam bentuk apa pun. Sidang Umum memutuskan langkah-langkah penting yang harus segera dilakukan dan diperkuat. Adapun rencana Kongres Luar biasa ITUC akan dilaksanakan pada, bulan September 2023 untuk memilih Sekjen yang baru. (RED)

Komentar