Perkuat SDM Untuk Kader, FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya Gelar Membership Meeting

Perkuat SDM Untuk Kader, FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya Gelar Membership Meeting

Termasuk, kader-kader FSB GARTEKS KSBSI harus memahami regulasi ketenagakerjaan serta bersikap kritis jika ada kebijakan yang dibuat pemerintah tapi tidak memihak pada kepentingan buruh,

Baca juga:  Dalam Agenda Konsolidasi, Aktivis FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya Dibekali Pendidikan Politik Pergerakan Buruh, Faizal Rakhman SH, Ketua DPC FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya Siap Maju Bertarung di Pemilu 2024,

KSBSI.ORG, Banten - Salah satu tolok ukur kemajuan dan kualitas serikat buruh adalah kader-kadernya terdidik secara militan dan memahami dunia pergerakan buruh serta regulasi ketenagakerjaan. Karena  itulah, Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB GARTEKS KSBSI) pun sangat gencar memberikan pendidikan kepada pengurus dan anggotanya. Dimana tujuannya, untuk melahirkan kader-kader unggul dalam Sumber Daya Manusia (SDM).

Bertempat di Cafe KONOKU, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Dewan Pengurus Cabang (DPC)FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya, menggelar Membership Meeting, dengan tema "Meningkatkan  Soliditas Untuk  Kemajuan Organisasi.  Acara pelatihan ini Trisnur Priyanto Sekretris Jenderal (Sekjen) DPP FSB GARTEKS KSBSI, Faizal Rakman, Ahmad Fauzi Ketua dan Sekretaris DPC FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya, Zulfikar Ketua Panitia Membership Meeting, Trisnur prianto Sekjen Serta Ketua PK dan sekertaris Pengurus Komisasriat (PK) FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya.

Faizal Rakhman mengatakan inti tujuan pelatihan ini dibuat untuk membekali pengetahuan tentang dunia perburuhan. Dan khususnya diberikan kepada pengurus tingkat PK dan anggota. Dia menyampaikan ada 25 pengurus dari perwakilan dari perusahaan yang diundang dalam acara membership meeting ini.

“Dan 60 orang lebih hadir mengikuti pelatihan ini yang dibuat dari padi sampain sore,” ucap Faizal, Kamis (1/3/2023).

Lebih lanjut, Faizal mengatakan pelatihan yang dibuat ini tujuannya untuk memperkuat militansi dan solidaritas FSB GARTEKS Serang Raya. Khususnya yang berada ditingkat basis perusahaan. Apalagi, saat ini dunia sedang mengalami resesi ekonomi global, sehingga Indonesia ikut terkena dampaknya.

“Akibat ancaman resesi ekonomi global, saat ini sudah banyak perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Makanya, dalam menghadapi ancaman tersebut, kami harus melakukan konsolidasi dan membekali pengetahuan kepada pengurus PK tentang dunia hubungan industrial,” terangnya.

Ia berharap, agenda membership meeting ini semakin memperkaya pengetahuan pengurus dan anggotanya ditingkat perusahaan. Sebab, kata Faizal, FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya telah berkomitmen melakukan pengkaderan dalam mempersiapkan regenerasi kepemimpinan. 

“Semoga peserta yang mengikuti pelatihan semakin solid dan militan untuk memperjuangkan hak buruh ditengah nasib dan kesejahteraan buruh Indonesia yang hari ini sedang memprihatinkan,” lugasnya.  

Sementara itu, Trisnur Prianto sangat mengapresiasi dengan dinamika dan perkembangan FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya yang semakin solid. Serta jumlah PK dan anggota terus bertambah. Saat memberikan materi pelatihan, Trisnur juga menyampaikan semoga ketua dan sekretaris serta anggota yang mengikuti pelatihan ini bis menyerap ilmu yang diberikan.  

Intinya, Trisnur menyampaikan kekuatan serikat buruh itu tidak hanya memiliki jumlah anggota yang banyak. Namun pengurus dan anggota harus wajib dibekali berbagai ilmu pengetahuan tentang dunia perburuhan oleh pengurus pusat dan cabang.

“Termasuk, kader-kader FSB GARTEKS KSBSI harus memahami regulasi ketenagakerjaan serta bersikap kritis jika ada kebijakan yang dibuat pemerintah tapi tidak memihak pada kepentingan buruh,” tegasnya.

Sementara itu, Zulfikar mengucapkan rasa terima kasih atas kehadiran peserta yang mengikuti agenda membership meeting, sehingga acara berjalan dengan baik. S“elalu ketua pelaksana Membership Meeting DPC FSB GARTEKS Serang Raya, saya ucapkan  kepada semua peserta yang hadir dan mensukseskan kegiatan ini, semoga FSB GARTEKS KSBSI Serang Raya semakin solid dan militan," tandasnya. (AH)


Komentar