Perkuat Regenerasi, Panser KSBSI Gelar Pelatihan ke VIII

Perkuat Regenerasi, Panser KSBSI Gelar Pelatihan ke VIII

.

KSBSI.org,DEPOK- Bertempat di Hotel Bumi Wiyata Kota Depok Jawa Barat, Pasukan Serikat (Panser)-Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) menggelar pelatihan untuk anggota baru. Dan diadakan selama 2 hari, dari tanggal 25-26 Februari 2023. Pelatihan yang digelar ini diikuti oleh 2 federasi afiliasi KSBSI. Yakni FSB NIKEUBA dan FSB KAMIPARHO dari utusan cabang DKI Jakarta dan Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Baca juga:  Elly Rosita Silaban 'Menantang' JAPBUSI dan GAPKI Tingkatkan Kesejahteraan Buruh Sawit ,


Bambang SY Koordinator Nasional Pasukan Serikat (Panser) KSBSI mengatakan pelatihan yang digelar selama 2 hari ini merupakan bagian dari beberapa agenda organisasi. Pertama, untuk mempersiapkan anggota baru dalam kongres KSBSI dalam waktu dekat ini. Kemudian mempersiapkan agend ‘May Day’ 2023 di Jakarta.

“Intinya dalam pelatihan ini kami sebagai pengurus memang ingin mempersiapkan regenerasi yang akan melanjutkan kepemimpinan Panser KSBSI untuk kedepannya,” kata Bambang saat diwawancarai disela kegiatan pelatihan.

Dia menilai, posisi Panser KSBSI di Ibukota Jakarta memang sangat dibutuhkan. Karena sering mengawal agenda-agenda penting KSBSI, seperti pengawalan internal. Serta mengawal aksi demo nasional. Oleh sebab itulah, Sumber Daya Manusia (SDM) Panser KSBSI harus terus diperkuat.

“Baik SDM yang duduk dalam struktur organisasi maupun anggota,” jelasnya.

Pelatihan yang diadakan tersebut memang masih di ikuti oleh dua federasi afiliasi KSBSI, FSB NIKEUBA dan FSB KAMIPARHO. Tapi Bambang berharap, pelatihan yang akan dibuat kedepannya, semua afiliasi  yang bergabung dengan KSBSI, khususnya yang ada di Jakarta bisa mengutus anggotanya ikut pelatihan.

“Saya akui, pelatihan Panser KSBSI yang kami buat sekarang ini, waktu dan persiapannya tidak terlalu matang. Karena dihadapkan Bulan Ramadhan, May Day dan kongres KSBSI. Tapi saya berjanji, untuk pelatihan kedepannya akan kami buat lebih baik,” ucapnya.

Bambang menyampaikan, ada beberapa materi pelatihan yang disampaikan selama pelatihan berlangsung, Diantaranya tentang materi kepemimpinan serikat buruh yang diberikan Alson Naibaho pengurus DPP Panser KSBSI. Kemudian, materi sejarah berdirinya Panser KSBSI, lalu matei Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

“Lalu ada tambahan materi pelatihan yang kami buat, yaitu bimbingan mental dan spiritual. Tujuannya, supaya setiap anggota Panser KSBSI memiliki semangat yang tinggi berlandaskan iman yang kuat menurut keyakinan agamanya masing-masing,” ungkapnya.

Terakhir, Bambang mengatakan pada kongres KSBSI yang akan diadakan tahun ini, Panser KSBSI bisa diakui dalam AD/ART organisasi sebagai sayap organisasi. Dia menceritakan, sejak berdirinya Panser KSBSI, namun sampai sekarang ini legalitasnya belum diakui oleh KSBSI.

“Padahal kontribusinya sudah sangat banyak untuk KSBSI. Jadi kami berharap, dalam kongres KSBSI 2023 ini, Panser KSBSI bisa diterima dan diakui secara resmi dalam AD/ART organisasi,” pungkasnya.

Sebab, kata Bambang, sudah banyak jebolan kader-kader dari Panser KSBSI yang duduk dalam posisi strategis organisasi disetiap federasi afiliasi KSBSI. Diantaranya Dedi Hardianto yang sekarang ini menjabat Sekretaris Jenderal (Sekjen) KSBSI.

“Saya juga mengucapkan kepada pihak Hotel Bumi Wiyata yang telah mendukung serta memberikan fasilitas pelatihan Panser KSBSI ke VIII, lalu DPP FSB NIKEUBA dan FSB KAMIPARHO,” tutupnya. 

Komentar