Minta Dukungan, Partai Buruh Bersilaturahmi ke KSBSI

Minta Dukungan, Partai Buruh Bersilaturahmi ke KSBSI

.

KSBSI.org, JAKARTA-Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Partai Buruh gencar mensosialisasikan visi dan misi serta program kerjanya sampai ke akar rumput. Serta menyambangi ke berbagai organisasi serikat buruh, petani, nelayan, masyarakat adat. Hari ini, Partai Buruh mengunjungin Kantor Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) untuk bersilahturahmi dan berdialog tentang politik perburuhan.

Baca juga:  Sidang Voting Gugatan PKPU PT. Dian Rakyat Ditunda, Ini Sikap FSB NIKEUBA,


Kunjungan Said Iqbal Presiden Partai Buruh bersama jajaran pengurusnya pun langsung disambut baik oleh Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI, Dedi Hardianto Sekretaris Jenderal (Sekjen) KSBSI) beserta perwakilan federasi yang berafiliasi dengan KSBSI. Dalam pertemuan para pemimpin serikat buruh tersebut tampak terlihat begitu hangat.

Dalam kata sambutannya, Dedi Hardianto menyambut baik atas lahirnya kembali Partai Buruh yang sekarang ini dipimpin oleh Said Iqbal. Secara pribadi, dia mendukung partai ini kalau tujuannya sebagai wadah aspirasi politik buruh. Dia menjelaskan, KSBSI melalui tokohnya (Alm) Muchtar Pakpahan adalah serikat buruh yang mendirikan Partai Buruh pada awal reformasi. Namun partai yang dibangun dan pernah mengikuti pemilu ini belum begitu beruntung meraih kemenangan.

“Sehingga akhirnya pengurus dan anggota KSBSI memutuskan tidak lagi bermain partai politik. Tapi sekarang ini lebih fokus pada organisasi,” ucapnya, di Kantor KSBSI, Cipinang Muara Jakarta Timur, Rabu (29/6/2022).

Hal senada juga disampaikan Elly Rosita Silaban. Dia mengatakan bahwa secara AD/ART organisasi, KSBSI tidak pernah melarang kader-kadernya masuk partai politik. Namun hasil keputusan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 2021, KSBSI memutuskan tidak berafiliasi dengan partai manapun. Termasuk dengan Partai Buruh.

“Tapi kami tetap mempersilahkan bila ada kader KSBSI yang mau bergabung menjadi pengurus Partai Buruh dan tidak ada larangan,” ucapnya.

Elly juga kembali menegaskan bahwa pengurus dan anggota KSBSI bagian dari orang-orang yang mendeklarasikan Partai Buruh. Tapi berhubung, partai ayang dibangun tersebbut belum meraih keberuntungan politik, akhirnya KSBSI memutuskan kembali memperkuat organisasinya.

“Semoga Partai Buruh yang sempat lama vakum bisa meraih kemenangan,” katanya.

Said Iqbal menyampaikan rasa terima kasih atas diterimanya kunjungan pengurus pusat Partai Buruh di Kantor KSBSI. Ia berharap silaturahmi hari ini, buruh semakin menerima program serta visi dan misi Partai Buruh.

“Partai Buruh lahir kembali karena adanya kesadaran bersama, bahwa nasib buruh di Indonesia semakin tertindas. Apalagi disahkannya Omnibus law Undang-Undang Cipta Kerja membuat hak-hak buruh semakin terdegradasi di dunia kerja. Partai Buruh juga tidak melupakan jasa Muchtar Pakpahan tokoh pendiri KSBSI dan Partai Buruh yang banyak melahirkan kader-kader militan,” tutupnya. (A1)    

Komentar