FSB GARTEKS KSBSI Bakal Digelar Agenda Rakernas Bulan Juli 2023

FSB GARTEKS KSBSI Bakal Digelar Agenda Rakernas Bulan Juli 2023

.

KSBSI.org, Dewan Pengurus Pusat Federasi Serikat Buruh Garmen Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Afiliasi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FSB GARTEKS KSBSI) menyampaikan akan menggelar agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dalam waktu dekat ini. Rakernas tersebut rencananya bakal diadakan di Hotel Boutique Jakarta Pusat.

Baca juga:  PT. BAS Kabupaten Paluta Diduga Kuat Memberangus Serikat Buruh F LOMENIK KSBSI,

Ary Joko Sulistyo Ketua Umum DPP FSB GARTEKS KSBSI membenarkan agenda Rakernas ini. Dan sudah menjadi kewajiban organisasi, sesuai kelender organisasi. Dia menyampaikan, acara Rakernas FSB GARTEKS KSBSI rencananya diselenggarakan dari tanggal  6 sampai 8 Juli 2023. Pembukaan acara Rakernas akan dihadiri oleh Dewan Eksekutif Nasional (DEN) KSBSI, federasi yang berafiliasi dengan KSBSI, perwakilan lintas serikat buruh/pekerja dari sektor Tekstil, Garmen, Sepatu, Kulit (TGSL).

“Termasuk undangan dari perwakilan mitra internasional FSB GARTEKS KSBSI yang sudah terjalin baik selama ini,” ucapnya, di Cipinang Muara, Jakarta Timur, Rabu 24 Mei 2023.

Ada beberapa poin agenda Rakernas yang nantinya bakal dibahas. Diantaranya, menyikapi regulasi ketenagakerjaan yang telah diterbitkan pemerintah. Seperti menyikapi Undang-Undang Cipta Kerja, Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 5 Tahun 2023 Tentang Penyesuaian Waktu Kerja dan Pengupahan pada Perusahaan Industri Padat Karya Berorientasi Ekspor yang Terdampak Perubahan Ekonomi Global. Lalu soal upah murah dan hak jaminan sosial buruh di dunia kerja.

“Dalam pembahasan agenda Rakernas, DPP, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Komite Kesetaraan Federasi (K2F) semuanya akan memberikan laporan dari pecapaian kerja selama ini. Termasuk membahas perkembangan jumlah anggota tiap cabang, keberhasilan kampanye program hak kesetaraan gender di dunia kerja dan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus dan anggota,” terangnya.

Selain itu, Ary Joko menyampaikan agenda Rakernas juga akan menyikapi Kongres KSBSI yang juga akan diadakan pada Juli 2023. Dia berharap, 14 perwakilan DPC FSB GARTEKS KSBSI yang ada diberbagai daerah nantinya bisa hadir mengikuti agenda Rakernas.

“Semoga agenda Rakernas berjalan lancar dan sekaligus menjadi ajang konsolidasi internal organisasi. Dan tema Rakernas nanti akan segera diputuskan dalam waktu dekat ini,” tutupnya. (AH)   

Komentar