Rakerwil KSBSI DKI Jakarta Dibuka Langsung Wakil Presiden ITUC: Terima Kasih atas Perjuangan Anda

Rakerwil KSBSI DKI Jakarta Dibuka Langsung Wakil Presiden ITUC: Terima Kasih atas Perjuangan Anda

Wakil Presiden ITUC untuk wilayah Asia Tenggara, Elly Rosita Silaban selaku Presiden KSBSI saat memberikan sambutan pada pembukaan Rakerwil KSBSI DKI Jakarta, Sabtu 26 November 2022. (Foto Nanda Maureen/Media Kamiparho Jakarta - Jejaring Media KSBSI).

"Terima kasih pada anda semua, kawan-kawan yang telah berjuang sampai dengan sejauh ini. Sekali lagi terima kasih untuk kalian semua yang telah berjuang untuk KSBSI,"

Baca juga:  Aktivis Serikat Buruh: Upah Minimum 2023 Sebaiknya Tidak Mengacu PP Nomor 36 ,

KSBSI, JAKARTA - Pembukaan Rapat Kerja Wilayah Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (Rakerwil KSBSI) Provinsi DKI Jakarta tahun 2022 usai digelar di bilangan Rawamangun, Jakarta Timur.

Dipenuhi 300 peserta, pembukaan rakerwil tahun ini memberikan nuansa berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, yakni Rakerwil dihadiri dan dibuka langsung Wakil Ketua ITUC untuk wilayah Asia Tenggara, Elly Rosita Silaban. Elly mengucapkan selamat atas terselenggaranya rakerwil KSBSI DKI Jakarta ini.

"Terima dulu hormat saya. Kalian telah berjuang sampai sejauh ini. Saya tidak pernah berjuang langsung seperti yang anda lakukan, di pabrik, sampai menangis, walkout, kawan-kawan ikut, saya tidak pernah merasakan itu. Jadi kalau anda tidak ada, maka kami tidak ada apa-apanya," kata Elly saat memberikan sambutan pada Rakerwil yang digelar di gedung Gelanggang Remaja Jakarta Timur, Sabtu (26/12/2022).

Elly memberikan apresiasinya kepada aktivis buruh KSBSI yang tetap berjuang menyuarakan hak normatif, untuk upah yang lebih baik demi kesejahteraan buruh dan keluarganya, baik di tingkat Pengurus Komisariat (di tingkat perusahaan) mau pun di tingkat cabang federasi afiliasi KSBSI.

"Terima kasih pada anda semua, kawan-kawan yang telah berjuang sampai dengan sejauh ini. Sekali lagi terima kasih untuk kalian semua yang telah berjuang untuk KSBSI," tandas Elly.

Ia pun menyinggung nilai-nilai perjuangan bersama, bahwa kesuksesan yang diraih Dewan Eksekutif Nasional KSBSI di tingkat nasional dan internasional tak bisa dilepaskan dari perjuangan buruh KSBSI.

"Tidak ada imbuan yang lebih besar dari persatuan dengan nilai-nilai perjuangan bersama," tandas Elly.

Diketahui, sedikitnya ada 10 federasi afiliasi plus tambahan 1 federasi serikat buruh migran (Sebumi) sebagai afiliasi terbaru yang semula merupakan Departemen Buruh Migran yang tergabung di KSBSI, namun pembukaan rakerwil diikuti oleh 5 Federasi, diantaranya:

1. Anggota Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Niaga, Informatika, Keuangan, Perbankan dan Aneka Industri (DPC FSB NIKEUBA) DKI Jakarta;

2. Anggota Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Makanan Minuman Pariwisata Restoran Hotel dan Tembakau (DPC FSB KAMIPARHO) DKI Jakarta;

3. Anggota Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Kimia Industri Umum Farmasi dan Kesehatan (DPC FSB KIKES) DKI Jakarta;

4. Anggota Dewan Pengurus Cabang Federasi Kebangkitan buruh Indonesia (DPC FKUI) Jakarta Barat dan DPC FKUI Jakarta Utara;

5. Anggota Dewan Pengurus Cabang Federasi Serikat Buruh Garmen, Kerajinan, Tekstil, Kulit dan Sentra Industri DKI Jakarta (DPC FSB KIKES) DKI Jakarta.

Selain dihadiri Elly Rosita Silaban, Rakerwil KSBSI DKI Jakarta juga dihadiri oleh Sekretaris Jenderal KSBSI Dedi Hardianto dan Bendahara Umum DEN KSBSI Rasmina pakpahan serta perwakilan dari federasi afiliasi, diantaranya Ketua Umum DPP FSB Nikeuba-KSBSI Carlos Rajagukguk bersama Sekjen Dwi Harto Hanggono, Bendahara DPN FSB KIKES KSBSI Sri Rezeki dan Sekjen DPP Sebumi, Sutrisna.

Selain itu, hadir juga perwakilan dari serikat pekerja mitra KSBSI yakni dari DPD LEM SPSI DKI Jakarta Yusuf Suprapto dan DPD SPN DKI Jakarta Andre Nasrullah dan perwakilan dari Asoiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) DKI Jakarta DR. Solihin SH MH.

Rakerwil juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Pekerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Purnomo.

[Sumber: Kantorberitaburuh.com/Jejaring KSBSI.org]


Komentar